Senin, 27 Agustus 2018

Resep Es Dawet Ayu Segar dan Nikmat

Es dawet ayu adalah sebuah minuman khas asal kota jepara, rasanya yang segar dan nikmat membuat es dawet ini begitu disukai oleh berbagai kalangan baik dari anak – anak hingga orang dewasa. Ingin tahu cara bikin daawey ayu yang enak, kali ini kami coba menghadirkan resep es dawet ayu khusus buat anda penyuka minuman es yang segar dan nikmat ini.
Dawet Ayu bukan hanya cantik tampilannya karena banyak warna tapi juga karena rasanya yang sangat nikmat. Minuman ini bisa  anda sajikan jadi es dawet ayu atau juga dawet ayu hangat tanpa es. Es dawet ayu cocok anda nikmati saat siang hari sebagai penghilang dahaga yang segar ketika terik matahari mulai memanasi bumi ini.

Resep Es Dawet Ayu dan Cara Membuatnya

Saatini bahkan telah banyak kreasi dawet dengan warnanya yang hitam dan di namai dengan Dawet Ireng. Meskipun sudah ada banyak variasi dawet namun kelezatan Dawet Ayu yang asli tetap tak terkalahkan.Untuk anda yang ingin membuat resep es dawet ayu ini di rumah, simak selengkapnya di bawah ini.

Bahan membuat minuman es dawet ayu:

  • Tepung beras 250 gram
  • Tepung tapioka 250 gram
  • Air sari daun pandan 100 ml
  • Air matang 600 ml
  • Es batu serut secukupnya

Santan untuk es dawet ayu:

  • Santan 1 liter
  • Daun pandan 3 lembar
  • Garam ½ sendok teh

Larutan gula merahnya :

  • Gula merah aren 500 gram, disisir
  • Gula putih 50 gram
  • Air 250 ml

Cara membuat es dawet ayu:

  1. Pertama campur bahan berupa tepung beras, daun pandan, tepung tapioka, dan  air. Aduk rata. Rebus hingga mengental.
  2. Cetak adonan dawet menggunakan alat cetak dawet. Kerjakan hingga adonan habis. Siapkan wadah isi dengan air hangat dibawah cetakan dawet supaya hasil cetakan dawetnya bagus dan tidak menggumpal. Sisihkan.
  3. Dalam membuat kuah santan bisa dilakukan dengan merebus santan, daun pandan juga garam hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Angkat dan dinginkan. Sisihkan.
  4. Buat larutan gula merah dengan cara rebus air, gula merah juga gula putih sampai mendidih. Aduk rata. Angkat lalu dinginkan.
  5. Siapkan gelas saji, kemuadian anda tambahkan dawet secukupnya, setelah itu kemudian di siram dengan kuah santannya. Jangan lupa pula tuangkan larutan gula merahnya. Tambahkan es batu serut.
  6. Es dawet ayu banjarnegara siap disajikan.

Nikmatnya Es Dawet Ayu

Minuman dawet ayu ini bahn pelengkapnya berupa santan dan gula merah yang di campur bersama dawet tersebut. Jadi terciptalah dawet ayu yang segar dan nikmat. Semua kalangan dijamin menyukai minuman tradisional ini. Anda sering menemui penjual Dawet Ayu di kompleks rumah, resto masakan tradisional, warung makan, sekolah-sekolah, dan tempat lainnya.
Saat kita haus, maka es dawet ayu khas banjarnegara sangat pas untuk kita cicipin, apalagi dengan enaknya gula merah dengan santan akan lebih nikmat lagi. Es dawet ayu khas banjarnegara memiliki rasa yang sangat enak, jadi kita kita minum saat musim panas, maka akan membuat tubuh kita lebih segar dan bersemangat.
Namun jika anda ingin membuatnya sendiri untuk acara besar anda seperti arisan, hajatan atau sekedar bersantai bersama keluarga, bahkan untuk menu berbuka puasa pastinya menu minuman ini sangat cocok. Jika suka sekali es anda bisa tambahkan es batu  dalam dawet ayu tersebut, jadi akan makin menambah kesegaran dawet ayu. Selamat mencoba!!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.